Gaya Hidup
Awas, Permen Mint Membuat Bau Mulut Lebih Buruk
13-01-2018 - 05:31 | Views: 1.36k
ILUSTRASI. Mengatasi bau mulut. (FOTO: headstaff.com)
ILUSTRASI. Mengatasi bau mulut. (FOTO: headstaff.com)

PURBALINGGATIMES, JAKARTA – Bau mulut memang membuat kita tidak percaya diri saat bicara. Untuk mengatasi bau mulut ini, biasanya orang akan sering mengkonsumsi permen mint saat akan bicara. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa 1 dari 5 orang memakai cara ini untuk membuat nafas mereka menjadi lebih segar. Namun, menurut pakar kesehatan, konsumsi permen mint justru akan membuat masalah bau mulut menjadi lebih buruk.

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan gigi, James Buchanan menyebutkan bahwa mint memang mampu mengusir aroma nafas yang menyengat, namun, bakteri di dalam mulut justru akan mendapatkan bahan makanan dari gula yang ada dalam permen tersebut. Gula ini akan diubah menjadi asam yang bisa merusak gigi dan akhirnya menyebabkan bau mulut menjadi semakin parah.

Lalu, apakah hal ini berarti kita tidak bisa mengkonsumsi permen mint untuk mengatasi masalah bau mulut? Asalkan permen mint yang kita konsumsi adalah yang bebas gula, maka permen ini tidak akan membuat bau mulut semakin parah.

Dr. Buchanan menyarankan kita untuk rutin mengkonsumsi buah dan yoghurt saat sarapan yang bisa membuat mulut menjadi lebih bersih. Tak hanya itu, apel atau seledri juga bisa kita makan jika ingin meningkatkan produksi air liur yang akan membersihkan berbagai bakteri penyebab bau mulut.

Tak hanya mengatur asupan makanan dan minuman tertentu, ada baiknya kita juga tidak merokok agar nafas tetap segar. Selain itu, pastikan untuk membersihkan gigi dan mulut secara teratur karena jika kita tidak melakukannya, plak akan menumpuk pada gigi yang bisa memancing perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut dengan pesat. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Indonesia